Indahnya Plafon GRC Motif Masjid IAIN Radin Inten - Bandar Lampung

Posted by Kurnia Agung Robiansyah 15/08/2017 1 Comment(s) GRC,

Ada pemandangan menarik jika anda mengunjungi  kampus IAIN Radin Inten Bandar Lampung.  Hamparan rumput hijau dan rindangnya pepohonan tetata rapi diseluruh area kampus seolah memanjakan para mahasiswa dan dosen-dosen untuk betah berlama-lama dikampus ini. Sesekali banyak kita jumpai beberapa mahasiswa baik sendirian maupun berkelompok tengah asyik mengerjakan tugas perkulian dengan memanfaatkan fasilitas free hotspot yang disediakan pihak kampus.

 

 

Ditengah-tengah taman dan tepian danau kampus ada aktivitas pembangunan masjid yang tengah berlangsung, Masjid Safinatul Ulum. Menurut Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag. (Rektor IAIN Bandar Lampung) "pembangunan masjid ini dirasa sudah sangat mendesak untuk dilaksanakan karena masjid lama dinilai sudah tidak repersentatif lagi untuk digunakan dimana masjid itu dibangun ketika mahasiswa disini masih berjumlah dua ribu, sedangkan sekarang jumlahnya sudah mencapai sebelas Ribu mahasiswa".

 

IAIN Radin Intan Bandar lampung patutnya berbangga hati, sebab masjid ini nantinya ditenggarai sebagai satu-satunya masjid terbesar dan terindah untuk kategori masjid kampus seluruh Indonesia. Secara keseluruhan desain masjid ini banyak mengadopsi gaya arsitektur Islam Timur Tengah. Pada bagian tampak utama beberapa deretan kolom ganda mengapit area masuk ruang sholat utama berhiaskan kepala kolom dan lengkung tapal kuda terinspirasi dari peninggalan arsitektur Islam masa silam seperti masjid Cordoba di spanyol dan masjid Nabawi di Madinah.

 

Keunikan lain dari masjid ini terdapat pada kubahnya. Kubah utama dirancang membentuk kubah lonjong membentuk bulatan bola berujung peluru. Sebuah bulan sabit disematkan pada ujung kubah utama. Beberapa kubah kecil dibuat mengelilingi kubah utamannya seakan menampah indah rancangan desain masjid ini. Masjid yang digadang-gadang akan menjadi lab dan prototive arsitektur Islam di lingkungan kampus IAIN Radin Intan Bandar Lampung ini rencananya akan diperkuat dengan penambahan keberagaman unsur-unsur dekorasi pada bagian bidang kosong yang ada.

 

Setiap bidang bangunan masjid ini masih memungkinkan untuk diolah dan diperkaya dengan memasukkan kekayaan bentuk ornamen Islam geometris maupun floral, kaligrafi, muqarnas, dsb., sehingga kekayaan, keindahan dan kejayaan seni arsitektur Islam masa silam dapat kembali dihadirkan pada seluruh detail bagunan mesjid ini. grc plafon motif Tampak detail ornamen parsial GRC plafon motif NOQTAH ART alhamdulillah mendapatkan kepercayaan untuk ikut serta dalam pembuatan detail dekoratif masjid Safinatul Ulum - kampus IAIN Raden Intan Bandar Lampung.

 

Pengerjaan tahap awal dimulai dengan pembuatan dekorasi bagian plafon dan menyusul berikutnya bagian interior kubah utama masjid. Setiap bidang tersebut diisi dengan ragam ornamentasi relief berbahan GRC yang dalam prosesnya dikerjakan dengan desain yang apik, teliti, dan mendetail, serta melalui proses pengkajian ragam, corak, gaya arsitektur Islam yang dikombinasikan dengan khazanah ornamen lokal. GRC (Glassfibre Reinforce Concrete) merupakan pencampuran beberapa bahan mineral, semen, agregat, dan glassfibres; dirancang dan digunakan sebagai bahan unggulan alternatif. Dengan pencampuran beberapa komponen bahan tersebut membuat GRC memiliki beberapa kelebihan dibanding bahan beton konvensional.

 

Bisa dibayangkan betapa efisiensinya bahan ini bahkan dalam bentuk produk panel jadi, bobot GRC bisa 80% lebih ringan dibanding beton padat biasa sehingga memudahkan dalam proses pemasangan dan dapat mengurangi beban bangunan. Selain itu, GRC terbukti dapat menjangkau setiap detail desain yang rumit dan membutuhkan tingkat presisi yang tinggi, kuat terhadap guncangan dan tekanan.

 

GRC plafon motif masjid Safinatul Ulum - kampus IAIN Raden Intan Bandar Lampung merupakan salah satu produk NOQTAH ART yang mendapatkan perlakuan khusus. Selain tingkat kerumitan dan kompleksitas dengan detail desain yang istimewa, GRC plafon dengan motif ornamen relief full 3 dimensi ini disebut-sebut sebagai satu-satunya dan pertama di Indonesia yang diaplikasikan pada masjid.

 

Tahapan proses pengerjaannya dimulai dengan pembuatan desain, kemudian proses pembuatan mokup/model, pembuatan cetakan, produksi panel GRC, pemasangan modul GRC, kemudian finishing dan pewarnaan. Pemasangan GRC dilakukan dengan proses pengelasan beberapa fitting-fitting logam yang tertanam pada panel GRC untuk kemudian disatukan pada rangka besi yang sudah disiapkan terpasang pada struktur bangunan. Setelah itu, lanjut proses finishing setiap sambungan panel dan prosesi pengecatan. Sampai sini selesai sudah sebuah tahapan detail bidang GRC ornamen dikerjakan. Selain plafon, bidang lainnya seperti kubah, mihrab, gerbang utama dan menara segera menyusul untuk dibuat perencanaan dekorasinya.

 

[Robians]

 

 

 

Tags/penandaan: grc noqtah art plafon motif

1 Comment(s)

Kurnia Agung Robiansyah:
13/03/2018, 09:11:12 AM, www.robians.com
Reply

Masjidnya indah. Seolah kita larut dalam bangkitnya kembali peradaban arsitektur Islam silam, hadir dan dapat dinikmati dalam masa kekinian.

Leave a Comment