Kaligrafi Spesial di tangan-tangan kreatif Noqtah Art

Posted by Afriyunda Daulay 21/05/2018 0 Comment(s) Info,

Kaligrafi merupakan kata serapan dari bahasa Yunani yang berarti menulis indah, kaligrafi adalah karya seni yang dikembangkan dengan pendekatan seni lukis. Kaligrafi juga dapat dikatakan sebagai ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak dan tata cara merangkainya menjadi sebuah tulisan yang tersusun atau apa yang ditulis diatas garis-garis.

 

 

Keindahan yang ada pada setiap garis dan bentuk-bentuk hurufnya, dimodifikasi sehingga memiliki nilai estetika di setiap relief. Tidak lupa dalam penulisan kaligrafi Arab setiap penulisnya pasti memperhatikan unsur-unsur artistik dari setiap goresannya.

 

 

Ada beberapa jenis huruf yang digunakan dalam membuat kaligrafi arab yaitu:

  • Kufi

Kaligrafi Kufi asli memiliki ciri-ciri tidak bertitik, dan tidak bersyakal serta dibiarkan asli tanpa hiasan. Cenderung berbentuk persegi dan garis lurus. Bentuknya yang sederhanan membuat membuat kaligrafi dengan khat kufi sangat mudah dibuat. Sedangkan kufi yang telah berkembang banyak mengambil bentuk yang lebih beragam, dan banyak digunakan dalam karya arsitektur, untuk menghiasi masjid dan arsitektur bangunan lainnya.

 

[Lukisan Kaligrafi dengan tulisan Kaligrafi Kufi Murabba' - oleh Marna, Noqtah Art]

 

 

[Lukisan Kaligrafi dengan tulisan Kaligrafi Kufi - oleh Aziz, Noqtah Art]

 

  • Farisi

Jenis kaligrafi Farisi populer di negeri Persia. Cara penulisannya seperti gaya penulisan catatan kaki yang lazimnya miring kebawah dari kanan kekiri. Kaligrafi farisi sangat mengutamakan unsur garis, ditulis tanpa harokat. Gaya penulisan kaligrafi Farisi banyak digunakan sebagai dekorasi eksterior masjid di iran, yang biasanya dipadu dengan warna-warni arabes.

 

[Lukisan Kaligrafi dengan tulisan Kaligrafi Farisi (Basmallah) (Ayat - kufi) - oleh Agus Priatna, Noqtah Art]

 

  • Tsuluts

Kaligrafi Tsulus digadang-gadang sebagai tulisan yang paling gagah, mewah dan juga elegan. Dengan banyak hiasan tambahan dan kemudahan yang dibentuk dalam komposisi tertentu untuk memenuhi ruang tulisan yang tersedia. Karena keindahan dan keluwesannya ini, gaya penulisan kaligrafi Tsulust banyak digunakan sebagai penghias ornamen arsitektur masjid.

 

 

[Lukisan Kaligrafi dengan tulisan Kaligrafi Tsulus - oleh Isep Misbah, Noqtah Art]

 

[Lukisan Kaligrafi dengan tulisan Kaligrafi Tsulus - oleh Isep Misbah, Noqtah Art]

 

 

  • Naskhi

Merupakan khat kaligrafi yang dikenal sejak abad ke 5 hijriyah. Khat ini dikenal dengan khat yang paling sering digunakan. Karakter kaligrafi Naskhi merupakan kaligrafi yang sangat mudah dibaca dan lembut. Khat Naskhi disempurnakan pada masa Bani Abbas oleh Ibnu Muqlah. Dan mulai sejak itu posisi khat Kufi tergeser oleh hadirnya khat Naskhi. Tulisan yang paling sering dipakai di dalam penulisan bahasa arab karena bentuknya yang sangat mudah untuk dibaca dan dibuat.

 

  • Diwany

Kaligrafi Diwany merupakan khat yang dipopulerkan oleh masyarakat Turki. Kaligrafi Diwany dinamakan Diwany karena khat ini merupakan khat yang digunakan untuk diwan-diwan (pembukuan dokumen) resmi kerajaan Usmaniyah. Khat Diwany dikenal dengan karakter huruf yang berputar dan tidak ada satu huruf yang memiliki lengkungan. Goresan dari tulisan diwany sangat lentur dan lembut, sehingga mudah digabungkan bersama tulisan-tulisan lain. salah satu khat yang diminati oleh para seniman karena mempunyai karakteristik yang unik.

 

[Lukisan Kaligrafi dengan tulisan Kaligrafi Diwany - oleh Kurnia Agung Robiansyah, Noqtah Art]

 

[Lukisan Kaligrafi dengan tulisan Kaligrafi Diwany - oleh Bimo Prakoso, Noqtah Art]

 

 

  • Riq'ah

Kaligrafi Riq’ah yang terkenal dengan kesederhanaan nya tetap memiliki strukutur khat yang indah dan cukup mudah dipelajari. Khat Riq’ah sering digunakan untuk menuliskan tulisan-tulisan sehari-hari, seperti catatan pelajaran, dan sebagainya. Karakter hurufnya sangat sederhana, tanpa harakat sehingga memungkinkan untuk ditulis dengan cepat.

 

Seni kaligrafi merupakan seni yang unik sekaligus indah. Banyak orang seniman kaligrafi yang membuat kaligrafi dengan berbagai bentuk. Kaligrafi bukan sekedar seni yang tidak memiliki makna Banyak kaligrafi yang dijadikan sarana untuk pengingat sebuah hal penting.

 

 

Perlengkapan untuk menulis Kaligrafi:

  • QALAM BAMBU

Adalah jenis Qalam yang mata qalamnya terbuat dari bambu pilihan dan pada mata qalam terdapat belahan sangat kecil untuk aliran tinta yang berfungsi agar hasil goresan tidak terdapat celah yang tidak terkena sapuan tinta.

 

 

[Qalam Bambu Rajawali - Noqtah Art]

http://www.noqtahart.co.id/qalam-bambu?search=qalam

 

  • QALAM JAWI

Adalah jenis Qalam yang mata qalamnya terbuat dari lidi ijuk pohon aren yang berwarna hitam pilihan atau biasa juga disebut dengan Harupat Kawung (dalam bahasa sunda) dan The Java Reed, textur nya yang lentur dan licin membuat Qalam Jawi kuat dan awet Ukuran mata qalam mulai 1mm sampai 7mm. Qalam jawi biasa di pakai untuk jenis khat ukuran ukuran kecil seperti khat naskhi, khat riq'ah, khat diwany, khat maghriby dan khat-khat yang berukuran kecil.

 

 

[Qalam Jawi Rajawali - Noqtah Art]

http://www.noqtahart.co.id/qalam-jawi?search=qalam

 

 

  • QALAM HANDAM

Adalah jenis Qalam yang berbahan dari jenis tumbuhan sejenis pakis hutan yang sangat keras dan berwarna kecoklatan (biasa disebut juga paku handam).

 

 

[Handam Pakis - Noqtah Art]

http://www.noqtahart.co.id/handam-001

 

 

 

Leave a Comment